Pages

Sabtu, 21 Juni 2014

Ini Pasukan Jokowi-JK di Jagat Maya - Liputan6.com

Jokowi-JK. (Faisal R Syam/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Tim sosial media pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) selalu mengumpulkan para relawan 1 kali seminggu, untuk membahas isu terkini yang akan disebarkan kepada masyarakat lewat jagat maya. Mereka berkumpul di markas Jokowi for President (JKW4P) di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kami hanya mengoordinasikan. Kemudian setiap minggu, timses kami mengumpulkan kita para relawan mengenai isu-isu terkini. Dari isu yang teman-teman mainstream (media online) mainkan. Biasanya dua hari sekali kami diundang ke Jalan Cemara," kata tim sosmed Jokowi-JK, Kartika Djoemadi dalam diskusi 'Perang Social Media' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/6/2014).

Kartika mengakui, pengumpulan relawan di media sosial tersebut bergerak dengan sporadis dan tidak terstruktur. Karenanya, penting untuk diarahkan agar tidak bergerak sendiri-sendiri.

"Tim Jokowi-JK bergeraknya sporadis, itu jadi keunikan tim media sosial kami. Karena sporadis, isunya kan relawan. Kadang-kadang rela, kadang-kadang melawan. Kita tidak bisa memaksa. Relawan bergerak sendiri-sendiri. Lalu kita kumpulkan dalam satu wadah, kita kumpulkan simpul-simpulnya," beber Kartika.

Kartika menjelaskan, relawan mereka bisa dikelompokkan ke dalam tiga bagian. Pertama, supporting team yang tugasnya hanya men-tweet atau posting berita-berita positif seperti prestasi Jokowi-JK.

"Kedua, defensive team yang bertugas untuk menjawab berita-berita mengenai Jokowi-JK, yang kuat berdebat bahkan berjam-jam. Ketiga, adalah offensive team yang menggunakan negative campaign untuk menyerang lawan politik," jelasnya.

Relawan-relawan di media sosial yang dimiliki Jokowi-JK antara lain, Jasmev, gerakcepat.com, kawanjokowi.com, dan bravo 5. Para relawan ini masuk ke berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, Google+, dan Path. (Tnt)

(Nadya Isnaeni )

Source : http://indonesia-baru.liputan6.com/read/2066682/ini-pasukan-jokowi-jk-di-jagat-maya