Pages

Sabtu, 21 Juni 2014

Bantai Swiss 2-5, Prancis Lolos ke Babak 16 Besar - JPNN.com

Valbuena mencetak gol ketiga untuk Prancis. Hingga laga berakhir, Prancis sukses mengalahkan Swiss dengan skor 5-2, Sabtu (21/6) dini hari WIB. Foto: AP

SALVADOR - Prancis akhirnya memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Dunia Brasil 2014. Hasil tersebut diraih Paul Pogba dan kawan-kawan setelah menang telak 5-2  pada laga derby melawan tetangga dekatnya Swiss, Sabtu (21/6) dini hari WIB.

Turun dengan skuat terbaiknya, Prancis sudah unggul 2-0 saat laga belum mencapai 20 menit. Uniknya dua gol tersebut lahir dalam rentang waktu kurang dari dua menit.

Gol pertama Tim Ayam Jantan lahir di menit 17  lewat tandukan Olivier Giroud. Pemain Arsenal ini berhasil menyundul umpan jauh yang ditembakkan dari sepak pojok Mathieu Valbuena.

Sekitar 76 detik kemudian jala Swiss kembali bergetar untuk kali kedua. Serangan balik cepat Prancis berhasil dituntaskan oleh Blaise Matuidi untuk menembakkan bola dari sudut sempit. 0-2  Prancis sementara unggul.

Menit ke 32, Les Bleus, sebenarnya berpeluang besar untuk menambah skor menjadi 0-3. Pelanggaran pemain belakang Swiss terhadap Karim Benzema membuat wasit menunjuk titik putih. Sayang, kiper Diego Benaglio tampil gemilang menggagalkan eksekusi penalti Benzema. Skor tetap bertahan 0-2

Namun kegagalan dalam penalti tak membuat Prancis patah arang. Mereka terus menggempur pertahanan Swiss untuk memperbesar keunggulan. Hasilnya, menit 40 petaka kembali datang bagi kiper Benaglio. Gawang yang dikawalnya benar-benar jebol untuk kali ketiga.

Gol kali ini berawal dari solo-run yang dilakukan Giroud dari sisi kiri lapangan sebelum mengirim umpan ke depan gawang. Valbuena yang datang dari tengah langsung menyambar umpan dan melesakkannya ke dalam
gawang. Skor  0-3 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Swiss terlihat lebih berani keluar untuk membangun serangan. Pelatih Ottmar Heitzfeld memasukkan Blerim Dzemaili untuk meningkatkan daya gedor. Hasilnya sejumlah peluang mereka dapatkan di awal babak pertama.

Sementara itu di pihak Prancis, unggul 3-0 rupanya belum dirasa cukup. Pelatih Didier Deschamps memasukkan gelandang muda Paul Pogba untuk menghidupkan lapangan tengah.  Pilhan Deschamps ternyata tepat umpan jarak jauh Pogba berhasil dikonversi dengan sempurna menjadi gol oleh Benzema. Prancis menjauh 0-4  di menit 67.

Tak butuh waktu lama,  pundi-pundi gol Prancis kembali bertambah. Tepat di menit 73, Moussa Sissoko menggenapkan skor menjadi 0-5 setelah menanfaatkan umpan Benzema.  Sissoko melepaskan tembakan datar ke tiang jauh yang tak mampu dihalau kiper Swiss.

Sementara itu penantian Swiss untuk mencetak gol balasan akhirnya terbuka di menit 80. Demaili melepaskan tendangan bebas mendatar yang tidak mampu ditangkap oleh kiper Hugo Lloris. Skor kini mengecil menjadi 1-5.

Beberapa menit kemudian Swiss kembali menambah gol balasan. Kali ini lewat pemain belia Granit Xhaka yang menuntaskan umpan Gokhan Inler. Skor kini menjadi 2-5.

Di penghujung laga Benzema sebenarnya mencetak satu gol tambahan untuk Prancis. Sayang bola meluncur ke dalam gawang bersamaan dengan pluit akhir pertandingan. Alhasil skor 2-5 mengantar Prancis ke babak 16 besar. Sedangkan bagi Swiss, nasib mereka masih tergantung pada laga terakhir melawan Honduras.(zul/jpnn)

 

Source : http://www.jpnn.com/read/2014/06/21/241546/Bantai-Swiss-2-5,-Prancis-Lolos-ke-Babak-16-Besar-