Pages

Jumat, 13 Juni 2014

Akil Siap Dihukum Mati - Gatra

Jakarta, GATRAnews - Akil Mochtar, terdakwa kasus korupsi dan pencucian uang dalam penanganan pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK), kepada wartawan mengaku siap menghadapi tuntutan dari jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Akil menyatakan hal tersebut, usai bersaksi untuk terdakwa Ratu Atut Chosiyah, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (12/6). Bahkan mantan ketua MK ini mengaku siap dihukum mati jika hakim memutuskannya.

"Saya siap dihukum mati lah. Itu kan mau kamu. Memang ada pasal (UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi) yang menentukan sampai harus dihukum mati?" ujar Akil.

Namun Akil mengaku keberatan jika jaksa penuntut umum menuntutnya seumur hidup, karena ia merasa tak bersalah atas enam dakwaan yang dialamatkan kepadanya. Dakwaan tersebut, masing-masing empat dakwaan tindak pidana korupsi dan dua tindak pencucian uang.

"Masa hanya karena (suap) Rp 1 sampai Rp 2, dan Rp 3 milyar saja dituntut seumur hidup? Saya kan tidak korupsi, tidak ambil uang negara," kilahnya.

Akil menilai tidak adil jika jaksa hingga menuntutnya seumur hidup, karena kasus korupsi Bank Century yang nilainya mencapai Rp 6,7 trilyun hukumannya tidak sampai seumur hidup.

!

"Lihat kasus Century saja tidak segitu, terus sampai di mana (penanganan) Century sekarang?" ujarnya.

Terkait perkara pilkada Lebak, Banten, yang membelit Akil, Atut, Susi Tur Andayani, dan Tubagus Chaeri Warhana (Wawan), Akil disebut meminta uang sejumlah Rp 3 milyar kepada Atut.

Akil menyampaikan permintaan itu melalui Susi Tur Andayani, yang merupakan pengacara pasangan calon bupati Lebak Amir Hamzah-Kasmin yang menggugat kemenangan pasangan Iti Octavia dan Ade Sumardi.

Atas permintaan itu, Atut memerintahkan Wawan menyampaikannya melalui Susi. Namun dari permintaan itu, Wawan hanya mampu menyediakan Rp 1 milyar. Lalu, pada 1 Oktober 2013, Susi mengirim SMS kepada Akil untuk memberitahu bahwa uangnya baru disiapkan Rp 1 milyar. (IS)

Berita Lainnya :

Source : http://www.gatra.com/hukum-1/54658-akil-siap-dihukum-mati.html