Pages

Rabu, 21 Mei 2014

Slank Ciptakan Lirik Lagu Ismail Marzuki - Gatra

Slank (ANTARA/Teresia May)Jakarta, GATRAnews - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan satu abad Ismail Marzuki, dengan berbagai rangkaian acara. Salah satunya adalah puncak acara berupa pentas musik pada 24 Mei 2014 di Teater Jakarta, menampilkan Chandra Buana Chamber Orkestra, Slank, Diah Iskandar, Ikke Nurjanah, Sundari Sukotjo, Ubiet, Ecky Lamoh, dan Michael Jakarimilena.

Berbagai karya legendaris Ismail Marzuki akan dibawakan dalam konser tersebut, misalnya Juwita Malam dan Payung Fantasi. Salah satunya lagu berjudul Oh Ayah, Saya Ingin Kawin yang selama ini baru dibuat partiturnya saja dan dibiarkan selama setengah abad. Bimbim Slank kebagian tugas membuat lirik dari notasi dan melodi lagu yang diciptakan seniman dari Jakarta tersebut. Bimbim menyelesaikan lagu yang absurd tersebut dalam sehari.

Menurut Ivan Slank, sosok Ismail Marzuki tidak kalah hebat dengan pahlawan nasional lain seperti Bung Karno dan Bung Hatta, atau Sutan Syahrir. Karya-karya musisi yang dinobatkan sebagai pahlawan pada tahun 2004 ini ikut mengiringi perjuangan para proklamator. Selain itu menurut Kaka Slank, Ismail Marzuki adalah seniman yang lengkap dengan karya lagu pembakar semangat sekaligus lagu yang merayu, dari lagu yang dikenal di sekolah hingga lagu pop yang dikenal di televisi.

Sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap! komposer yang namanya diabadikan menjadi salah satu pusat kesenian di Jakarta, Slank pun pernah mengaransemen ulang lagu Juwita Malam karyanya. Tanpa seniman pahlawan seperti Ismail Marzuki yang berjuang di dalam musiknya, Slank mengakui tak akan ada mereka. "Kita ngerasain jaman Slank masih disensor liriknya, susah masuk TV. Di jaman dia pasti lebih sulit jadi seniman. Lagu jadi senjatanya berekspresi dan melakukan perlawanan saat itu," ujar Kaka.

Menyesuaikan dengan melodi yang ada, Slank mengaku tema ingin kawin tidak terlalu berbeda antara jaman duli dengan kini. Malahan, mereka yakin sebuah karya yang tersembunyi seperti lagu Oh Ayah Aku Ingin Kawin pasti lambat laun akan muncul. "Uneg-uneg hati yang tak terselesaikan pasti bakal keluar," demikian Kaka Slank. (*/Ven)

Berita Lainnya :

Source : http://www.gatra.com/entertainmen/music/53104-slank-ciptakan-lirik-lagu-ismail-marzuki.html