Pages

Selasa, 20 Mei 2014

Peserta Konvensi Demokrat Boleh Jadi Menteri Capres Mana Pun - KOMPAS.com


JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrat memberikan kebebasan kepada 11 peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat untuk menentukan arah dukungannya pada Pemilu Presiden 2014. Para peserta konvensi tersebut juga diperkenankan menjadi menteri dari calon presiden mana pun.

"Konvensi adalah untuk mencari capres. Seperti saudara-saudara ketahui, para peserta konvensi punya kapasitas yang cukup tinggi sehingga kalau memang ada yang memilih dia, itu wewenang dari presiden terpilih," kata Ketua Harian Partai Demokrat Sjarifuddin Hasan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Dia menyatakan, Partai Demokrat resmi tidak memberikan dukungan secara formal kepada kandidat calon presiden dan wakil presiden, baik Jokowi-Jusuf Kalla maupun Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Namun, Partai Demokrat masih mengkaji visi, misi, dan program yang dimiliki para capres.

"Partai Demokrat tak akan mendukung capres yang janji-janjinya hampir tidak mungkin dilaksanakan, bahkan bisa saja berbahaya untuk masa mendatang. Partai Demokrat ingin agar program SBY yang disukai rakyat tetap dilanjutkan, bahkan ditingkatkan," kata Menteri Koperasi dan UKM ini.

Konvensi Capres Partai Demokrat telah usai. Menteri BUMN Dahlan Iskan menjadi pemenang dalam konvensi itu. Namun, Partai Demokrat tak menggunakan hasil konvensi itu lantaran elektabilitas Dahlan masih jauh dibandingkan Jokowi maupun Prabowo.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan ketertarikan Jokowi-JK untuk merangkul beberapa kandidat Konvensi Capres Partai Demokrat. "Dari konvensi, ada sebagian yang akan memberikan dukungan kepada Jokowi-Jusuf Kalla," kata Hasto di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Hasto belum bersedia menyampaikan siapa kandidat konvensi yang dimaksud. Ia berkilah, semuanya masih dalam proses dan akan disampaikan setelah ada kepastian. Hasto melanjutkan, PDI-P terus berkomunikasi dengan semua pihak yang dianggap memiliki kesamaan gagasan dengan partainya. Di antaranya adalah dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis : Sabrina Asril
Editor : Laksono Hari Wiwoho

Source : http://nasional.kompas.com/read/2014/05/20/1704178/Peserta.Konvensi.Demokrat.Boleh.Jadi.Menteri.Capres.Mana.Pun