Pages

Kamis, 22 Mei 2014

KPK Duga Ada Penggelembungan Harga dalam Proyek Haji - KOMPAS.com


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menduga ada penggelembungan harga (mark up) berkaitan dengan penyelenggaraan haji di Kementerian Agama 2012-2013. Terkait proyek itu, KPK menetapkan Menteri Agama Suryadharma Ali sebagai tersangka atas dugaan penyalahgunaan wewenang.

"Pada umumnya ada dugaan juga penggelembungan ya," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Kamis (22/5/2024).

Johan mencontohkan, penggelembungan harga bisa terjadi ketika harga barang yang dibeli tidak sesuai dengan spek yang ditentukan. "Misalnya bayar pemondokan 10 rupiah, tidak sesuai dengan spek atau tidak sesuai dengan kontrak," tutur Johan.

KPK menetapkan Suryadharma sebagai tersangka atas dugaan bersama-sama melakukan perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang terkait penyelenggaraan haji. Perbuatan itu diduga merugikan keuangan negara. Bisa jadi, kata Johan perbuatan korupsi itu menguntungkan pihak yang tidak semestinya.

"Mungkin b! isa masuk ke pihak-pihak yang jadi rekanan," ucapnya.

Mengenai kemungkinan adanya keuntungan yang diperoleh Suryadharma dari proyek ini, Johan mengaku belum tahu. Dia juga mengatakan bahwa kerugian negara yang diduga muncul dalam kasus ini masih dihitung. Johan menyebutkan bahwa anggaran yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan haji 2012-2013 tersebut mencapai Rp 1 triliun.

Wakil Ketua KPK Zulkarnain sebelumnya mengatakan bahwa dugaan korupsi haji berkaitan dengan katering, pemondokan, dan transportasi. Dana-dana yang dibayarkan, katanya, tidak sesuai dengan yang seharusnya.

"Ada dana-dana yang dibayarkan tidak sesuai. Kemahalan," kata Zulkarnain.

Source : http://nasional.kompas.com/read/2014/05/22/2321543/KPK.Duga.Ada.Penggelembungan.Harga.dalam.Proyek.Haji