Pages

Kamis, 08 Mei 2014

Ini Harga Bus Gandeng Scania - KOMPAS.com


JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur PT United Tractors (ATPM bus Scania) Loudy I Ellias mengatakan, pihaknya telah mendaftarkan bus gandeng Scania ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), sebagai persyaratan mengikuti lelang melalui e-catalogue.

"Harganya Rp 5,8 miliar per unit. Sekarang sudah masuk, saat ini sedang diproses LKPP," kata Loudy di sela-sela acara demo bus Scania di Monas, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

Loudy menjelaskan, bus gandeng Scania sangat ramah lingkungan karena menggunakan mesin berbahan bakar gas yang dirakit dengan teknologi ramah lingkungan. Selain itu, bus tersebut menggunakan suspensi udara yang dikendalikan secara elektronik.

"Bus gandeng ini juga punya daya tahan tinggi karena karoseri dari aluminium yang anti-korosi. Selain itu, nyaman karena menggunakan teknologi electronic brake system (EBS), yang tingkat pengeremannya maksimal dibandingkan sistem konvensional," ujar Lo! udy.

Bus gandeng Scania yang dijajal pada Kamis pagi adalah bus yang menggunakan bahan bakar gas berstandar Euro VI, berkapasitas 140 orang (42 tempat duduk), dan tinggi lantainya telah menyamai tinggi selter bus transjakarta.

Harga bus keluaran Scania itu lebih mahal dibandingkan bus-bus transjakarta yang didatangkan dari China pada Januari 2014 lalu. Menurut catatan Kompas.com, harga satu unit bus asal China adalah Rp 3,7 miliar. Jadi selisih antara bus produk negara Skandivia itu dengan bus dari China adalah Rp 2,1 miliar.

Namun seperti diketahui bus-bus yang didatangkan terdahulu itu kini bermasalah. Ada beberapa komponen bus yang tidak layak, seperti berkarat, pintu yang tidak berfungsi normal, fanbelt AC yang kendur dan sebagainya. Kasus ini pun sudah dalam penyelidikan Kejaksaan Agung.

Source : http://megapolitan.kompas.com/read/2014/05/08/2010194/Ini.Harga.Bus.Gandeng.Scania