Pages

Rabu, 30 April 2014

Dalami Kasus e-KTP, KPK Geledah PT Len Industri di Bandung - Okezone

Selasa, 29 April 2014 23:24 wib | Fiddy Anggriawan - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone) JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penggeledahan terkait kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan KTP elektronik (e-KTP) di Kementerian Dalam Negeri.  
 
"Perlu diinformasikan sekitar 14.30 WIB penyidik yang menangani perkara soal e-KTP melakukan penggeledahan di PT Len Industri, di Jalan Soekarno-Hatta Bandung," ungkap Juru Bicara KPK, Johan Budi, di Kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (29/4/2014).
 
Menurut dia, penggeledahan tersebut hingga kini masih berlangsung dan disaksikan oleh Direktur Utama PT Len Industri, Abraham Musi dan dibantu pihak kepolisian.
 
"Penggeledahan langsung disaksikan oleh Dirut PT Len Industri Abraham Musi, di back up oleh Pihak Kepolisia! n dari Polrestabes Bandung," tegasnya.
 
Kendati demikian, Johan enggan menjelaskan secara rinci apa hubungan PT Len Industri dengan proyek pengadaan e-KTP. "Itu sudah masuk dalam materi penyidikan," pungkasnya.
 
Perusahaan Len sendiri, didirikan sejak tahun 1965, LEN (Lembaga Elektronika Nasional) kemudian bertransformasi menjadi sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 1991.
 
Sejak saat itu, Len bukan lagi merupakan kepanjangan dari Lembaga Elektronika Nasional (LEN), tetapi telah menjadi sebuah entitas bisnis profesional dengan nama PT Len Industri. Saat ini Len berada di bawah koordinasi Kementerian Negara BUMN.
 
Selama ini, Len telah mengembangkan bisnis dan produk-produk dalam bidang elektronika untuk industri dan prasarana, serta telah menunjukkan pengalaman dalam bidang : Broadcasting, selama lebih dari 30 tahun, dengan ratusan Pemancar TV dan Radio yang telah terpasang di berbagai wilayah di Indonesia.
 
Bela! kangan, PT Len Industri merupakan salah satu perusahaan di dal! am konsorsium pemenang tender proyek pengadaan e-KTP. Pemenang proyek pengadaan e-KTP tahun 2011 adalah konsorsium yang terdiri dari lima perusahaan BUMN dan swasta.
 
Perusahaan tersebut adalah Perum Percetakan Negara RI, PT Sucofindo (Persero), PT LEN Industri (Persero), PT Quadra Solu­tion dan PT Sandipala Arthaputra.
 
Terkait kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan eKTP, KPK telah menetapkan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, Sugiharto sebagai tersangka.
 
Sugiharto disangka melanggar pasal 2 ayat 1 subsidair pasal 3 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 Juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 dan pasal 64 ayat 1 KUHP.
(hol)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Source : http://index.okezone.com/read/2014/04/29/339/977865/dalami-kasus-e-ktp-kpk-geledah-pt-len-industri-di-bandung