Pages

Senin, 23 September 2013

Waspada, Copet Merajalela di IIMS 2013

Otosia.com -

Gelaran otomotif bertaraf internasional, Indonesia International Motor Show (IIMS), ternyata tak luput dari aksi para pencopet. Membeludaknya pengunjung dari kalangan menengah-atas menjadi ladang empuk bagi mereka untuk beroperasi.

Tercatat setidaknya lima kasus dengan dua pelaku tertangkap dalam perhelatan yang baru digelar selama beberapa hari ini. Itu baru sedikit kasus, belum lagi pengunjung yang tidak melapor kehilangan barang berharga.

Aksi tersebut pun tak ayal berimbas ke peliput Otosia. Salah satu awak redaksi yang sedang meliput peluncuran Jeep Wrangler Sandy di Hall B3 (booth Chrysler Indonesia).

Saat itu, ratusan fotografer berebut, termasuk fotografer dadakan dan pengunjung yang mengabadikan momen tubuh model, baik dengan kamera poket ataupun ponsel, karena lomba sedang diadakan. Karena padatnya peserta, jurnalis yang meliput peluncuran tersebut sulit untuk lewat, termasuk Otosia.

Ketika melewati kerumunan, setibanya di pintu luar yang berjarak hanya sekitar 5 meter dari area booth Chrysler, jurnalis Otosia mendapati tas pinggang dalam kondisi seperempat terbuka. Setelah dicek, Samsung Galaxy Note lenyap dari tas. Ketika coba dihubungi, smartphone tersebut sudah dalam kondisi tidak aktif. Ciri-ciri aksi pencopetan profesional.

Situasi ramai saat pemotretanSituasi ramai saat pemotretan

Sejumlah copet tertangkap

Sekitar pukul 17.00 WIB di hari yang sama, seorang copet wanita diinformasikan tertangkap basah oleh korbannya saat sedang menggerayangi tas di Hall A1. Sementara itu, sekitar pukul 19.00 WIB, seorang copet pria juga berhasil dipergoki oleh korbannya sedang mencopet di Hall B.

Keduanya lalu digelandang ke pos keamanan, dan selanjutnya diserahkan ke Polsek Metro Kemayoran.

"Hari ini ada dua copet tertangkap, satu wanita, satu lagi pria. Korbannya sendiri yang memergoki. Kalau akhir pekan ini memang ramai Mas, ada ribuan orang yang datang, jadi sulit untuk melakukan pengawasan," ujar seorang petugas keamanan yang ditemui Otosia di pos keamanan dekat loket penukaran suvenir.

Daerah operasi copet rupanya tidak hanya terfokus pada area hall ke hall dan dari booth ke booth yang dipadati pengunjung, tetapi juga menyasar toilet. Intan Rizky, SPG lupromax, mengaku kehilangan Blackberry Gemini kala berada di toilet.

"SPG-ku hari ini, tadi, juga laporan kecurian di toilet. BB Gemininya hilang dicopet di toilet," ujar Angel dari PT Magna International (Lupromax) yang menceritakan kejadian yang dialami salah satu female presenter (SPG) di boothnya.

Salah satu wartawan dari media online juga mengaku kehilangan sebuah tas saat sibuk meliput. Akibat kejadian ini, beberapa rekan media yang meliput IIMS menulis status di Blackberry untuk saling mengingatkan agar waspada terhadap copet.

Hati-hati copet saat memotretHati-hati copet saat memotret

Pengamanan kurang

Sistem keamanan pameran otomotif bertaraf internasional ini dinilai masih banyak kekurangan, terutama saat event-event yang mengundang keramaian. Dalam kondisi seperti itu, petugas keamanan tidak terlihat berlalu lalang.

Berdasarkan pengamatan otosia, momentum booth/APM/peserta menggelar acara/event bisa saja menjadi event yang mengundang kerawanan karena hal itu menjadikannya sasaran empuk bagi para pencopet. Jadi, mari bersama-sama untuk waspada.

 (kpl/nzr/sno)

Sumber: Otosia.com

Source : http://id.berita.yahoo.com/waspada-copet-merajalela-di-iims-2013-131500111.html