Pages

Minggu, 08 September 2013

Tips Merawat Kick Starter Motor Matik

[p][b]Otosia.com[/b] -

Teknologi electric starter yang semakin berkembang, membuat kick starter seringkali terabaikan dan sangat jarang digunakan. Mungkin akan langsung dipakai jika memang dalam keadaan darurat. Seperti ketika sepeda motor sedang rusak.

Kasus seperti ini kerap kali terjadi dan menimpa sepeda-sepeda motor berjenis matik. Agar kick starter ini tetap awet dan tetap bisa difungsikan dengan baik, Anda harus jeli dalam merawatnya.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan melakukan pengontrolan secara teratur agar tidak terjadi karat untuk komponen-komponen di dalamnya. Selain itu, juga sangat perlu dilakukan pengontrolan berkala pada CVT untuk mencegahnya mogok kerja.

 Melumasi kick starter Melumasi kick starter (yamaha-kaltim)

Jangan lupa juga, selain membersihkan pada CVT, Anda juga harus memberikan pelumas pada gigi-gigi kick starter. Sangat tidak disarankan untuk melumasinya dengan oli biasa karena tidak tahan lama. Selain itu juga membuat debu-debu mudah lekat di sana. 

Untuk bagian ini,  memang ada baiknya untuk memberikan pelumas khusus matik agar hasilnya maksimal. Selain itu, jelas cara seperti ini berguna untuk mengantisipasi kerusakan kick starter. Jika suatu saat electric starter rusak, kick starter masih bisa diandalkan juga. (kpl/sdi)

Sumber: Otosia.com

Source : http://id.berita.yahoo.com/tips-merawat-kick-starter-motor-matik-013000302.html