Pages

Kamis, 05 September 2013

Terkena Air Jeruk Nipis, Kulit Gadis Terkelupas

TEMPO.CO, California - Bermain bersama teman di bawah sinar matahari dan berenang di kolam renang sepertinya aman-aman saja. Tapi, seketika hal itu menjadi bencana bagi Stephanie Ellwanger, Jewels yang berusia 12, dan Jazmyn, 9 tahun. Kulit mereka tiba-tiba terbakar dan mengelupas. Setelah dibawa ke rumah sakit, ternyata ketiganya mengalami luka bakar tingkat dua. Apa penyebabnya?

Menurut laporan dari The Hanford Sentinel, gadis-gadis ini sempat berenang di sebuah kolam di halaman belakang rumah mereka di Hanford, California, Amerika Serikat. Sempat ada indikasi bahwa air di dalam kolam tersebut mengandung zat berbahaya. Tapi, setelah diteliti, hasilnya nihil.

Setelah melakukan penyelidikan, akhirnya kemungkinan penyebab luka bakar ketiga gadis ini ditemukan. Adalah jeruk nipis yang membuat kulit mereka terbakar dan terkelupas. Setelah didiagnosis, gadis-gadis ini terkena phytophotodermatitis, yaitu reaksi kimia dari air jeruk nipis yang membuat kulit mengelupas jika terkena sinar matahari.

Rupanya, sebelum masuk ke kolam, gadis-gadis ini sempat meremas-remas buah jeruk nipis dari kebun tetangga mereka. Kemudian mereka berlari-larian di bawah terik matahari. Dokter menganggap inilah kemungkinan yang paling dekat atas penyebab munculnya phytophotodermatitis pada tubuh mereka.

Kini, Stephanie, Jewels, dan Jazmyn dirawat secara intensif di rumah sakit selama dua minggu. Mereka dilarang terkena paparan sinar matahari langsung selama enam bulan untuk proses penyembuhan.

RINDU P HESTYA | FOX NEWS

Berita Populer Terkait:
Miss World Ditolak, Panitia: Kami Tak Tutup Kuping
Pria Ini Koleksi Lebih dari 6.000 Barbie
Novel Baru Clara Ng Dari Kisah Nyata
Marilyn Monroe dan Grace Kelly Jadi Inspirasi Seba
Kostum Iron Man Ini Terbuat dari Balon

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/09/05/060510729/Terkena-Air-Jeruk-Nipis-Kulit-Gadis-Terkelupas