Pages

Jumat, 06 September 2013

Sawung Jabo Turun Gunung Galang Dana untuk Sujud

TEMPO.CO, Yogyakarta- Musisi kawakan Sawung Jabo menggelar aksi solidaritas bagi seniman kendang Yogyakarta Sujud Sutrisno di Titik Nol Kilometer Yogyakarta Kamis sore 5 September 2013.

Dalam aksinya, seniman yang melejit berkat keaktifannya di berbagai proyek musik "Kantata Takwa" bersama Iwan Fals di era 90 an itu, turut menggandeng puluhan pelajar dari SMA Kolese de Britto dan Stella Duce 2 Yogya mengamen bersama.

"Aksi ini sebagai solidaritas buat Sujud yang selama ini berhasil memberi suasana baru dalam dunia kesenian di Yogya, lebih berwarna juga nakal," ungkap Jabo kepada Tempo.

Sujud merupakan sosok seniman Yogyakarta yang tumbuh dan besar dari jalanan sejak tahun 1970 an. Selain aktif mengamen di jalan, seniman yang gemar membuat plesetan dari lagu lagu populer secara spontan itu tak pernah absen dari panggung seni yang punya gaung. Sebut saja seperti Yogyakarta Gamelan Festival yang melibatkan seniman lintas negara. Juga festival jazz Ngayogjazz.

Di usianya yang menginjak ke 60 tahun ini, Sujud menderita sakit kronis yakni tumor di kaki dan matanya. Sujud kesulitan biaya.

Hal ini mendorong sejumlah seniman di Yogya selama sepekan gencar melakukan aksi penggalangan dana bagi Sujud yang tengah dirawat di Rumah Sakit Wirosaban.

"Dia (Sujud) orang yang benar mengandalkan hidupnya dari seni. Meski kekurangan, aksinya tak absen dari kreatifitas dan selalu membuat orang tak bosan melihat," kata Jabo. Jabo mengibaratkan jika Yogya punya Sujud, maka Surabaya punya Markeso, seniman teater.

Jabo  dalam kesempatan itu membawakan sejumlah lagu. Seperti Badut, Nyanyian Langit, juga Di Hatimu Aku Berlindung. Saat Jabo bersama musisi lain tampil, para pelajar mengedarkan kotak sumbangan kepada pengguna jalan untuk disumbangkan kepada Sujud.

Lagu lagu Sujud yang sempat direkam para seniman pun sesekali diperdengarkan hingga membuat suasana sore di Titik Nol lebih ramai dari biasanya. Apalagi liriknya mengundang tawa.

Seperti lirik lagu Iwan Fals berjudul Mata Indah Bola Ping Pong yang diplesetkan Sujud menjadi "Mata indah bola ping pong, ono bocah kecemplung genthong (ada anak kecemplung genthong)"

Juga lagu yang dipopulerkan Chica Koeswoyo, "Aku punya anjing kecil. Kuberi nama Helly. Helly...guk..guk, ayo mbakar trasi"

PRIBADI WICAKSONO
Terhangat:
Vonis Kasus Cebongan | Jokowi Capres? | Jalan Soeharto

Berita populer:
Pilkada Riau, Calon Gubernur Saling Klaim Menang
Calon Presiden PDIP Mengarah ke Jokowi
Jaksa MP 'Pamer' Pistol Pernah Tangani Buruh Panci
Minta Murid Ukur Kelamin, Ini Kata Kemendikbud

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/09/05/112510817/Sawung-Jabo-Turun-Gunung-Galang-Dana-untuk-Sujud