Pages

Jumat, 06 September 2013

Perkembangan & Kemampuan Bayi 0-7 Bulan

KEMAMPUAN bayi berbeda-beda pada setiap tahapan usianya. Di bawah ini adalah tabel tahapan perkembangan yang harus dicapai bayi usia 0-7 bulan.

Di tahap awal perkembangannya, bayi menunjukkan beberapa hal yang perlu Moms tahu. Apa sajakah itu?  Tabloid Mom & Kiddie memberikan ulasannya.

Aspek Perkembangan Umur rata-rata & Perkembangan

1-3 bulan

Motorik:   Mengangkat kepala dan dada dengan lengan pada waktu tengkurap, menggapai mainan yang digerakkan, menggapai ke arah objek yang menghilang, memerhatikan wajah orang, dan mengikuti objek yang bergerak.

Bahasa:    Meniru beberapa bunyi, mulai berceloteh, dan tersenyum bila mendengar bunyi yang dikenali.

Kognitif:    Senang bermain, dan memasukkan mainan ke dalam mulut.

Sosial:    Mulai tersenyum, melihat wajah dan mendengar suara, menggerakkan kepala berirama, kontak sosial, dan senang mendengar musik.

4-7 bulan

Motorik:     Duduk, menyangga beban tubuhnya dengan kaki, dan memindahkan objek dari tangan satu tangan lainnya.

Bahasa:    Respons terhadap kata 'tidak', menggunakan suara untuk mengekspresikan rasa senang dan tidak senang, serta mengikuti satu perintah dengan gerakan isyarat dan mengucapkan satu atau beberapa suku kata.

Kognitif:    Berusaha meraih benda yang agak jauh dari jangkauannya dan mengeksplorasi benda dengan menggunakan tangan dan mulut.

Sosial:    Lebih menyukai ibu, tertawa keras, menunjukkan ketidaksukaan bila kontak sosial berhenti, menyukai cermin dan senang berceloteh. (ind)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/09/05/483/861386/perkembangan-kemampuan-bayi-0-7-bulan