Pages

Kamis, 05 September 2013

Pantau Kondisi Kesehatan dengan Aplikasi 'S Health'


JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung sebagai produsen ponsel menunjukkan kepedulian pada gaya hidup sehat konsumen. Melalui aplikasi S Health yang ditanam di salah satu produk ponsel pintar seri Galaxy S4 mereka, perusahaan asal Korea Selatan ini mencoba menawarkan layanan untuk memudahkan pemantauan kondisi kesehatan penggunanya setiap saat.

Mengutip rilis yang diterima Kompas.com, aplikasi S Health dengan Health Board dapat merekam mulai jejak latihan, asupan makan serta berat badan tubuh pengguna. Pada Health Board juga terdapat fitur yang mengukur berat badan, gula darah, dan tekanan darah.

Aplikasi ini memanfaatkan sejumlah sensor khusus yang terdapat di Galaxy S4 untuk dapat memantau temperatur dan kelembaban ruangan. S Health juga memiliki pedometer built-in yang bisa menghitung jumlah langkah yang dilakukan oleh pengguna saat melakukan jogging atau jalan santai pada fitur Walk Mate atau Exercise Mate dalam aplikasi S Health tersebut.

Ada pula fitur Barometer untuk mengukur tekanan atmosfer dan ketinggian lokasi, yang akan menunjukan jumlah kalori yang telah dibakar dengan akurat, dan juga fitur Food Tracker yang membantu menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Semua sensor tersebut akan ditampilkan hasilnya pada aplikasi S Health, yang juga terintegrasi dengan fitur Diet Tracking, yaitu sebuah aplikasi yang mempu memberikan informasi kalori dari sejumlah makanan sehari. Aplikasi S Health dapat disinkronisasikan dengan penghitung tekanan darah dan tingkat gula darah dari pihak ketiga melalui koneksi bluetooth.

Untuk menjalankan aplikasi ini, pengguna cukup melakukan registrasi seperti memasukan informasi mengenai berat badan, tinggi badan dan usia. Aplikasi ini nantinya akan menjadi remainder bagi para pengguna Galaxy S4 untuk memantau kesehatannya.

Product Marketing Samsung Mobile Febri Rusli mengatakan, aplikasi S Health menawarkan sebuah pengalaman baru yang menyenangkan dan menjadi sebuah nilai lebih yang terdapat dari produk Galaxy S4 sebagai life companionship.

"Meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan turut mendorong Samsung dalam membuat fitur untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam memonitor kesehatannya," jelas Febri.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/09/04/1514063/Pantau.Kondisi.Kesehatan.dengan.Aplikasi.S.Health.