Pages

Jumat, 06 September 2013

Moms, Ini Penyakit yang Kerap Menghantui Bayi 0-6 Bulan

OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH
Mom & Kiddie
Jum'at, 6 September 2013 06:19 wib

detail berita

Bayi sakit (Foto: Google)

SELAIN mengetahui tentang perkembangan dan pertumbuhannya, Moms juga perlu tahu bahwa ada beberapa penyakit kerap menyerang si buah hati pada usia 0-6 bulan.

Lantas, penyakit-penyakit apa sajakah yang kerap menyerang bayi di tahap perkembangan awalnya. Berikut paparannya, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Demam

Bayi mengalami demam jika suhu tubuhnya di atas 37,7ÂșC. Berilah asetaminofen (yang sudah dikonsultasikan kepada dokter sebelumnya) untuk bayi dan tunggu selama 30-45 menit untuk melihat hasilnya.
Sambil menunggu Moms bisa melonggarkan pakaiannya dan menempelkan spons atau handuk berisi air hangat pada ketiak, kaki dan badannya. Susuilah sesering dan sebanyak mungkin. Jika dalam 24 jam tidak kunjung reda, maka segeralah bawa ke dokter.

Batuk

Jika bayi terserang batuk, susuilah bayi agar lendir kental di saluran napasnya mencair. Beri minyak telon hangat ke dada dan leher bayi untuk melegakan pernapasannya. Singkirkan perangsang batuk seperti bau obat nyamuk atau matikan AC (air conditioner). Untuk bayi di bawah usia 3 bulan, jangan memberinya obat batuk apapun kecuali atas petunjuk dokter.

Diare

Pada bulan-bulan pertama, bayi bisa buang air besar hingga 8 sampai 10 kali dalam sehari karena tubuhnya sedang beradaptasi dan pencernaannya belum sempurna. Tapi, jika BABnya lebih banyak dari biasanya dengan warna dan bau yang tidak normal, Moms bisa terus memberikannya ASI agar bayi tidak dehidrasi dan segeralah menghubungi dokter untuk konsultasi.

Jatuh

Jika bayi terjatuh, perlahan periksalah seluruh tubuh bayi untuk melihat adakah perubahan warna kulit, pembengkakan atau gangguan fungsi anggota badan. Gerakkan semua anggota badan secara pelan dan perhatikan rekasinya. Jika bayi tidak sadarkan diri, segeralah bawa ke Unit Gawat Darurat untuk penanganan lebih lanjut.

Tersedak

Bila bayi tersedak, telungkupkan tubuh bayi dan tepuk-tepuk pundaknya secara perlahan agar benda asing yang berada di saluran pernapasannya keluar. Jika ia kesulitan bernapas, segeralah bawa ke dokter. (ind)

  • Perkembangan & Kemampuan Bayi 0-7 Bulan
  • Moms, Ini Vaksinasi untuk Bayi 0-6 Bulan
  • 6 Bulan Pertama Kehidupan Bayi
  • Masalah-Masalah Saat Bayi Beralih dari ASI ke Susu Sapi
  • Ibu Menyusui Dianjurkan Konsumsi Asupan Ini

Source : http://health.okezone.com/read/2013/09/05/483/861390/moms-ini-penyakit-yang-kerap-menghantui-bayi-0-6-bulan