Pages

Sabtu, 07 September 2013

Ini Kondisi Bila Asal Pasang Kawat Gigi

TEMPO.CO, Jakarta - Pemakaian kawat gigi dilakukan untuk mendapatkan gigi yang rapi. Pastikan ahli kesehatan gigi dalam memilih pemasangan kawat gigi. Pemasangan kawat tidak tepat akan berdampak buruk bagi gigi.

Menurut Spesialist in Conservative Dentistry Universitas Indonesia, Bambang Nursasongko, kebanyakan orang melakukan perawatan gigi bukan dengan pakar kesehatan gigi karena alasan harganya lebih murah.

"Orang kebanyakan tidak peduli dengan kualitas dan kemampuan seorang dokter gigi karena melihat biaya lebih mahal," kata Bambang kepada Tempo beberapa pekan lalu.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, kebanyakan dari kita hanya mementingkan pengobatan ketimbang mengetahui sakit atau akar masalahnya. Pemasangan kawat gigi tanpa mengetahui bentuk dan karakter gigi akan menimbulkan efek buruk.

Misalnya, pada kasus gigi menonjol ke depan. Jika pemasangan bracket tidak tepat, akar gigi bisa keluar dari tulang. Juga pada kasus pemakaian bracket yang tanpa diagnosis untuk kondisi tulang dan kesehatan gusi sebelumnya. Maka saat bracket dipasang dan diikat, kawatnya akan menyebabkan gigi bergoyang.

"Gigi bisa goyang jika tidak melihat kondisi sebelum pemasangan," kata Bambang.

Bambang menyarankan pasien agar lebih berhati-hati memutuskan untuk melakukan perawatan gigi. Sebab, oknum yang tidak kompeten bukan memperbaiki, tapi malah memperburuk kasus.

RINA ATMASARI

Berita Terpopuler
Komnas Perempuan Dukung Ajang Miss World 2013
5 Cara Cegah Dimensia di Hari Tua
Pesatnya Penjualan Krim Ajaib
CC Cream, Krim Populer Korea Siap Masuk Indonesia

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/09/07/110511131/Ini-Kondisi-Bila-Asal-Pasang-Kawat-Gigi