Pages

Sabtu, 07 September 2013

Hati-hati, Ini Efek Buruk Menyikat Gigi Terlalu Keras

Jakarta, Banyak orang menyikat gigi dengan cukup keras dan bertenaga dengan harapan giginya akan menjadi lebih bersih dan putih. Meskipun mungkin tak terlihat ada kerusakan, menyikat gigi terlalu keras sebenarnya memberikan efek buruk bagi kesehatan gigi dan gusi, lho.

Menyikat gigi terlalu keras dapat meningkatkan sensitivitas gigi, padahal secara alami sensitivitas gigi akan dengan sendirinya meningkat seiring dengan penipisan lapisan email akibat pertambahan usia, seperti dikutip dari Periclean, Sabtu (7/9/2013).

Jika kita menyikat gigi terlalu keras, lapisan email gigi akan semakin menipis dan akan memperburuk kondisi gigi di usia tua nanti. Apa akibatnya jika sensitivitas gigi meningkat? Gigi akan semakin sensitif, terkena minuman yang terlalu panas atau dingin pun akan membuatnya sakit.

Untuk mengatasinya, gunakan sikat gigi dengan bahan sikat yang halus atau jenis soft. Batasi juga waktu Anda menyikat gigi maksimal 2 menit. Selain itu, ringankan sedikit tekanan Anda saat menyikat gigi. Saat ini sudah banyak dijual sikat gigi yang memiliki kepala lentur dan akan 'mundur' jika Anda terlalu menekan saat menyikat gigi, sehingga bisa cukup membantu Anda.

Tak hanya meningkatkan sensitivitas gigi, menyikat gigi terlalu keras juga akan merusak gusi. Apakah gusi Anda sering berdarah saat sedang menyikat gigi? Perdarahan pada gusi bisa saja terjadi jika Anda memiliki beberapa jenis infeksi pada gusi, yang disebut sebagai gingivitis. Periksakan segera ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Jika gusi Anda berdarah saat menyikat gigi dan Anda tak memiliki infeksi, maka kemungkinan Anda telah menyikat gigi terlalu keras dan menyebabkan gusi terkikis atau erosi gusi. Erosi gusi harus Anda waspadai sebab gusi memiliki fungsi untuk melindungi gigi, terutama pada akar. Penipisan gusi berarti risiko akar tersentuh akan semakin besar, efeknya kembali akan menambah sensitivitas gigi.


(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/30e9acd5/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A90C0A70C10A0A0A290C23520A420C7660Chati0Ehati0Eini0Eefek0Eburuk0Emenyikat0Egigi0Eterlalu0Ekeras/story01.htm