Pages

Jumat, 06 September 2013

Duar! Rokok Listrik Meledak dan Nyaris Membakar Rumah

Jakarta, Apapun jenisnya, merokok pada dasarnya berbahaya bagi kesehatan. Anjuran ini tak hanya berlaku untuk rokok tembakau saja, melainkan rokok elektrik juga. Bahkan belum lama ini, rumah seorang wanita di AS sampai terbakar karena rokok elektriknya konslet.

Seorang wanita asal Atlanta, AS bernama Elizabeth Wilkowski menjadi korban rokok elektriknya sendiri. Peralatan listrik tersebut meledak di ruang tamunya, lantas menyambar beberapa perabotan dan nyaris membakar rumah dan hewan peliharaannya.

"Itu seperti 'duarr!' dan saya melihat rokok ini menembakkan api di ruang tamu saya. Api setinggi 1,2 meter tiba-tiba melesat. Jika saya tidak ada di rumah, saya akan kehilangan anjing-anjing saya, kucing saya, dan rumah saya," tuturnya seperti dilansir Medical Daily, Kamis (5/9/2013).

Sang pemilik toko tempat Wilkowski membeli rokok elektrik, Leonard Rodda, mengatakan bahwa dia tak lagi menjual merek yang bisa meledak tersebut. Dia menggantinya dengan merek lain dan mengatakan bahwa kejadian yang menimpa Wilkowski sangat memprihatinkan.

"Saya baru saja mendengar tentang hal itu. Rokok elektrik menggunakan tenaga listrik bertegangan rendah, jadi saya terkejut bahwa hal seperti itu akan terjadi," katanya.

Penjual lainnya bernama Doris Holmes juga ikut prihatin, namun dia mengatakan bahwa kejadian meledaknya rokok elektrik tersebut sangat jarang terjadi. Doris yang baru saja membuka toko rokok elektrik di Atlanta ini mengatakan bahwa hampir semua produk elektronik berisiko membuat kebakaran, tak hanya rokok elektrik saja.

"Apa pun peralatan elektronik dan dihubungkan ke listrik, maka Anda memiliki potensi alat tersebut akan terbakar. Saya tidak akan meninggalkan mesin cuci piring saya dalam keadaan menyala saat meninggalkan rumah," ujarnya.

Ternyata kejadian meledaknya rokok listrik ini tak hanya dijumpai kali ini saja. Kejadian serupa menimpa seorang pria di Florida, AS berumur 57 tahun. Hanya saja, kisahnya sedikit lebih tragis, sebab rokok elektrik meledak di mulutnya, membakar wajah dan merontokkan beberapa gigi dan sebagian lidahnya.

(pah/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/30d68d15/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A90C0A50C1912540C2350A6450C7630Cduar0Erokok0Elistrik0Emeledak0Edan0Enyaris0Emembakar0Erumah/story01.htm