Pages

Jumat, 06 September 2013

Drifter ‘Newbie’ Ditantang Menggerus Aspal Kemayoran

Otosia.com -

Seri dua Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drifting 2013 besok akan mulai menggalakkan sistem pertandingan antar tim guna menarik para drifter pendatang baru alias 'newbie'.

Kejurnas Drifting 2013 ini menggunakan sistem tim yang terdiri atas tiga orang dalam tiga kelas yang akan dilombakan, yakni Pro, Rookie dan Driftstar. Putaran kedua ajang ini akan berlangsung di pelataran parkir JIExpo Kemayoran Jakarta pada 13-15 September 2013.

"Kenapa ini mulai dibuka pada seri kedua dan selanjutnya? Kami ingin menarik sebanyak-banyaknya para drifter newbie. Sekarang ini olah raga drifting sangat digemari anak-anak muda. Nah, kita kasih kesempatan dan wadah mereka untuk bertanding, tapi tetap memperhatikan regulasi yang ditetapkan," ujar Haru Adityawarman, Wakil Ketua Organizing Comitee PT Diansyah Dinamika Warna (DDW) selaku penyelenggara kejurnas ini.

Technical MeetingTechnical Meeting

Salah satu regulasi wajib yang ditetapkan yaitu peserta minimal berusia 17 tahun pada tanggal pendaftaran dan memiliki Kartu Izin Start (KIS) yang dikeluarkan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Sementara bagi calon yang kurang dari 17 tahun diwajibkan membuat surat pernyataan yang ditandatangani orang tua wali untuk mendapatkan KIS.

"Silahkan daftar jika berminat. Untuk tim, pemilihan anggota bebas, nama timnya juga bebas. Di sini tidak ada tim pabrikan, kita persilahkan mereka memilih pembalapnya sendiri," tambah Rury, panggilan akrab Haru.

Menurut Rury, tim dengan akumulasi poin tertinggi dari tiga pembalap anggotanya lah yang akan ditetapkan sebagai juara. Dalam kejuaraan ini para drifter akan memperebutkan 9 medali, meliputi emas, perak dan perunggu untuk para juara dan tiga tim terbaik.

Peserta KejurnasPeserta Kejurnas

"Medali emas, perak, dan perunggu kita berikan untuk juara dan tim terbaik di setiap serinya. Jadi tidak hanya satu seri, tapi di seri-seri berikutnya," terang Rury.

Sementara Amroe Wahyudi, Ketua Racing Comitee IMI, menyatakan seri kedua akan ada sedikit penyempurnaan regulasi terutama menyangkut faktor keamanan dan keselamatan peserta. Hal ini sekaligus untuk mengantisipasi banyaknya wajah baru yang mendaftar pada seri kedua.

"Ada perubahan sedikit dari seri pertama, namun secara umum regulasinya sebenarnya tidak berubah. Hanya saja PP IMI ingin Kejurnas lebih safety. Masalah keselamatan dan keamanan mengacu dan dipakai di kelas internasional. Jadi kami ingin memastikan bahwa di seri kedua nanti semua peserta diwajibkan mengacu pada regulasi safety," terang Amroe.

 (kpl/nzr/sno)

Sumber: Otosia.com

Source : http://id.berita.yahoo.com/drifter-newbie-ditantang-menggerus-aspal-kemayoran-031500225.html