Pages

Sabtu, 07 September 2013

Bersihkan Gigi, Pakai Benang atau Tusuk Gigi?

TEMPO.CO, Jakarta -Selama ini, banyak orang lebih memilih tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Selain murah, tusuk gigi lebih mudah ditemukan, termasuk di meja-meja restoran.

Tapi tahukah Anda, tusuk gigi sebetulnya kurang efektif membersihkan kotoran gigi seperti anggapan banyak orang selama ini. Pemakaian tusuk gigi bahkan dapat memicu infeksi pada gusi. "Tusuk gigi dapat meninggalkan luka pada gusi, jika sudah begitu infeksi gusi tidak terhindarkan," kata Bambang Nursasongko, dokter spesialis konservasi gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia. 

Bambang menyarankan untuk menggunakan benang gigi. Menurut dia, benang gigi lebih efektif membersihkan sisa makanan pada sela gigi. Tentu saja bila dilakukan dengan benar. Cara pemakaian yang benar adalah dengan memasukan benang di sela-sela gigi dan dilingkarkan ke gigi. Selanjutnya, benang ditarik pelan-pelan dari bawah ke atas. "Banyak orang menggunakan benang gigi dengan cara yang salah, menarik benang secara horisontal tentu akan menyebabkan luka," ujar Bambang.

RINA ATMASARI


Topik Terhangat
Vonis Kasus Cebongan | Jokowi Capres? | Penerimaan CPNS | Suriah Mencekam

Berita Terpopuler
Abraham Samad: Rudi Rubiandini Orang Serakah
Istri @benhan: Suami Diperlakukan Bak Perampok
Zaskia Gotik Putuskan Pertunangan dengan Vicky
Ahok: Tiada Ampun bagi Kopaja Ugal-ugalan
Hukuman Serda Ucok: 11 Tahun Bui dan Dipecat

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/09/07/060511178/Bersihkan-Gigi-Pakai-Benang-atau-Tusuk-Gigi