Pages

Minggu, 22 September 2013

Basuki Ingin Jakarta Jadi Kota Ramah Lansia


JAKARTA, KOMPAS.com
- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama menilai, kota Jakarta belum memiliki perhatian khusus pada orang-orang berusia lanjut (lansia). Untuk itu, dia menginginkan Jakarta dapat menjadi kota yang ramah lansia.

"Lihat saja itu fasilitas (bus) Transjakarta. Jalannya jauh, haltenya tinggi, jarak antara halte dengan bus jauh. Tidak cocok untuk lansia," katanya pada sambutannya di Konser Galang Dana Alzheimer Sabtu (21/9/2013) kemarin di Jakarta.

Menurut Basuki, Jakarta perlu mengejar ketertinggalan perhatian pada lansia. Pasalnya, kota di negara-negara lain sudah memiliki fasilitas yang baik untuk lansia.

Basuki mengatakan, seharusnya fasilitas-fasilitas umum didesain untuk lebih ramah lansia. Misalnya, Transjakarta yang dilengkapi dengan lower deck untuk memudahkan lansia naik fasilitas transportasi andalan warga Jakarta tersebut.

"Sedang diusahakan bus tingkat yang di atas untuk orang-orang muda, dan di bawah untuk lansia," katanya.

Diketahui, jumlah lansia makin meningkat seiring bertambahnya harapan hidup seseorang. Diperkirakan di tahun-tahun mendatang, jumlah lansia melebihi jumlah balita.

Direktur Eksekutif Alzheimer's Indonesia DY Suharya mengatakan, dari empat juta penduduk Jakarta, ada sekitar 600.000 lansia.

"Tapi data itu pun belum sama antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan Kependudukan dan Catatan Sipil. Ini membuktikan belum terlihat keseriusan pemerintah dalam memberikan perhatian khusus pada lansia," tuturnya.

Padahal menurut DY, lansia membutuhkan perhatian khusus guna mencegah penurunan kualitas hidup mereka. Serta, tidak ikut menurunkan kualitas hidup orang-orang di lingkungannya.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/09/22/2012058/Basuki.Ingin.Jakarta.Jadi.Kota.Ramah.Lansia