Pages

Kamis, 05 September 2013

Ada Pelatihan Sinematografi Gratis di Makassar

Ada Pelatihan Sinematografi Gratis di Makassar

Sutradara musikal Laskar Pelangi Riri Riza bersama penulis musik dan lirik Mira Lesmana (kanan) saat menghadiri konfrensi pers Musikal Laskar Pelangi Goes To Yogya di Pisa Mahakam, blok M, Jakarta, Kamis (22/3). ANTARA/Teresia May

TEMPO.CO, Jakarta - Ada kabar baik bagi sineas muda, khususnya mereka yang berada di Indonesia Timur. Sederet sutradara kenamaan akan berkumpul di Makassar dan memberi pelatihan sinematografi pada 4-8 Oktober nanti. "Kegiatan ini gratis,"  ujar sutradara Riri Riza, Rabu, 4 September 2013, malam.

Sutradara film Ada Apa Dengan Cinta ini mengatakan sederet tokoh perfilman Asia Tenggara akan datang. Mereka adalah Liao Jie Kai dari Singapura, Teddy Soeriaatmadja dari Indonesia, Ho Yuhang dari Malaysia, dan Pompika Towira dari Thailand. "Topik yang akan disampaikan diantaranya menyangkut teknik produksi film dengan budjet minim, sinematografi Indonesia, serta keuangan dan pemasaran film di Indonesia."

Kegiatan bertajuk "Makassar SEA Screen Academy" itu merupakan even tahunan yang diselenggarakan guna mengasah keterampilan sineas muda di Indonesia bagian Timur. Target audiensi dipilih lantaran minimnya kemunculan sineas muda di wilayah tersebut. Padahal, kata Riri, Indonesia bagian Timur menyimpan banyak potensi. Baik dari sisi sumber daya manusia, tema maupun landskap kebudayaannya.

Kepala sekolah program ini, Mira Lesmana, punya keresahan serupa. Menurut dia, minimnya karya sineas Indonesia Timur bisa dilihat dari wajah bioskop di Indonesia.  "Kita tidak pernah bisa melihat wajah kita secara utuh," ujarnya. Menurut dia, film Indonesia di dominasi wajah kota besar, khususnya Jakarta. Akibatnya, perilaku budaya para audiens acapkali mengidentifikasi diri sebagai anak Jakarta.  "Program ini adalah cara untuk merayakan keberagaman," kata dia.

Menurut Riri, program ini menyasar sineas muda di level madya. Untuk itu, mereka yang berminat akan diminta mengisi formulir yang menjelaskan pengalaman mereka di bidang sinematografi. Baik sebagai kamera person, asisten produser, penulis naskah atau peran apapun yang pernah mereka lakoni di dunia profesional. Panitia akan menyeleksi 20 peserta. "Mereka yang terpilih akan kami fasilitasi tempat penginapan, konsumsi dan akomodasi selama di Makassar,  katanya.

RIKY FERDIANTO

Topik Terhangat
Delay Lion Air | Jalan Soeharto | Siapa Sengman | Polwan Jelita | Tes Penerimaan CPNS

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/09/05/111510715/Ada-Pelatihan-Sinematografi-Gratis-di-Makassar