Pages

Kamis, 05 September 2013

51 Remaja Duta Antirokok, Bakal Jadi Panutan Kawan-kawannya

Oleh Abdi Susanto

Posted: 05/09/2013 11:12

TOPIK #duta antirokok #muhammadiyah tobacco control centre

51 Remaja Duta Antirokok, Bakal Jadi Panutan Kawan-kawannya

Liputan6.com, Sebanyak 51 pelajar dan mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti pemilihan duta antirokok yang diselenggarakan Muhammadiyah Tobacco Control Centre Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

"Mereka terdiri atas 27 pelajar sekolah menengah atas, dan 24 mahasiswa," kata Kepala Divisi Pengembangan dan Pelatihan Kader Muhammadiyah Tobacco Control Centre (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dianita Sugiyo di Yogyakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (5/9/2013).

Menurut dia di sela audisi duta antirokok, pelajar dan mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang diharapkan mampu mengambil peran positif dalam upaya peningkatan kesehatan.

"Oleh karena itu, MTCC UMY mengadakan pemilihan duta antirokok bagi pelajar dan mahasiswa. Duta itu selanjutnya diharapkan akan mampu mendukung kegiatan MTCC dalam bidang promosi kesehatan kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, pemilihan duta antirokok diadakan dengan tujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dampak rokok terhadap kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Selain itu, meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat untuk mengorganisasikan diri dalam berbagai upaya penanggulangan dampak merokok dan memberikan "role model" yang sehat kepada masyarakat.

Menurut dia, saat ini sekitar 70 persen masyarakat miskin dewasa di Indonesia adalah perokok. Konsumsi rokok di Indonesia telah mencapai 240 miliar batang per tahun pada 2009.

Hal itu mengindikasikan paparan asap rokok sudah sampai pada tingkatan mengganggu kepentingan umum. Situasi itu akan memperburuk kondisi kesehatan masyarakat dengan meningkatnya berbagai jenis penyakit akibat rokok.

"Promosi dan penyuluhan kesehatan serta pemberian 'role model' yang baik akan memberikan dampak besar untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

(Abd)

Berita Rekomendasi

  • 7 Tanda Bila Ortu Kurang Waktu Bersama Anak
  • `Tua Boleh, Pikun? No Way`
  • Vaksin HPV Juga Bermanfaat untuk Para Remaja
  • Istri Ketahuan Selingkuh, Suami Disuruh Nikahi Keponakan
  • Infeksi Naegleria, Ketika Otak Jadi Bahan Makanan Amuba
  • [VIDEO] Adriana Telan Ponsel Biar Perselingkuhannya Tak Ketahuan
  • Seks Oral, Enak Tapi Membahayakan, Hati-hatilah!
  • Tolak Berhubungan Intim di Pagi Buta, Istri Dihajar Suami
  • `Puasa ala Deddy Corbuzier` Ampuh Bagi Penyandang Diabetesi
  • Ibu Menyusui Anaknya Saat Sedang Mengendarai Motor

Source : http://health.liputan6.com/read/684202/51-remaja-duta-antirokok-bakal-jadi-panutan-kawan-kawannya