Pages

Kamis, 05 September 2013

10 Tanda Gejala Pikun Alzheimer


KOMPAS.com -
Kepikunan alzheimer tidak datang tiba-tiba. Walaupun belum ditemukan penyebab utamanya, alzheimer dapat menunjukkan gejala sejak usia muda.

"Biasanya sejak 20 tahun sebelum terdiagnosis alzheimer, sudah ada gejalanya. Namun tidak semua orang waspada dan menggangapnya sebagai penyakit," kata Direktur Eksekutif Alzheimer's Indonesia, DY. Suharya pada talkshow  'Understanding Alzheimer' pada Rabu (4/9/2013) di Jakarta.

Akibatnya, mereka telat memeriksakan diri. Padahal gejala alzheimer juga dapat terlihat dalam kondisi sehari-hari. Penderita alzheimer biasanya mudah lupa dan disorientasi.

"Ada 10 gejala alzheimer. Kalau satu saja sudah ada sebaiknya waspada dan segera periksa, karena penyakit alzheimer menyerang perlahan," kata Suharya.

Alzheimer merupakan penyebab yang umum untuk kasus demensia – hilangnya intelektual dan kemampuan bersosialisasi yang cukup parah untuk mempengaruhi aktivitas harian. Pada penyakit Alzheimer, kesehatan jaringan otak mengalami penurunan sehingga menyebabkan menurunnya daya ingat dan kemampuan mental.

Berikut adala 10 gejala alzheimer seperti dipaparkan Suharya :

1. Gangguan daya ingat

Penderita alzheimer kerap lupa kejadian yang baru terjadi, lupa janji, dan membicarakan hal yang sama berulang kali. Hal ini terjadi berulang kali, hingga kadang membuat orang lain kesal.

2. Sulit fokus

Orang dengan alzheimer sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. Mereka juga butuh waktu lebih lama menyelesaikan pekerjaan.

3. Sulit melakukan kegiatan familiar

Penderita alzheimer sulit melakukan tugas sehari-hari. Mereka juga kesulitan melakukan hal yang biasa seperti mengemudi, menulis, atau menghitung.

4. Disorientasi

Penderita alzheimer biasanya lupa tanggal dan hari penting. Mereka juga tidak tahu sedang berada dimana dan bagaimana jalan pulang.

5. Kesulitan memahami visuospasial

Penderita alzheimer kesulitan membaca, menentukan jarak, membedakan warna, dan tidak mengenali wajah sendiri. Umumnya mereka tidak mengenali suatu benda hingga salah sebut, atau tidak pas meletakkam sesuatu.

6. Gangguan komunikasi

Penderita alzheimer kesulitan berbicara dan mencari padanan kata yang tepat. Mereka juga kerap berhenti di tengah pembicaraan, dan bingung melanjutkannya.

7. Menaruh barang tidak pada tempatnya

Orang dengan alzheimer kerap lupa dimana meletakkan sesuatu. Terkadang mereka menuduh orang lain memindahkan dan mencuri barang tersebut.

8. Salah membuat keputusan

Penderita alzheimer kerap berpakaian tidak serasi, dan tidak bisa merawat diri dengan baik.

9. Menarik diri dari pergaulan

Penderita alzheimer tidak bersemangat untuk bersosialisasi. Mereka juga cenderung mengurung diri.

10. Perubahan perilaku dan kepribadian

Emosi penderita demensia mudah berubah mulai dari bingung, curiga, depresi, takut, hingga menjadi kembali ramah. Mereka juga sangat bergantung pada orang lain.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/09/04/2215071/10.Tanda.Gejala.Pikun.Alzheimer