Pages

Sabtu, 06 Juli 2013

Pengembangan Terbaru Alat Deteksi Penyakit Hati

TEMPO.CO, Jakarta - Pasien penyakit hati fibrosis non-invasif tidak harus melalui prosedur biopsi untuk menentukan tingkat penyakit. Ada alat terbaru yang memakai sampel darah dengan waktu relatif singkat.

Terobosan ilmiah ini dilakukan perusahaan berbasis bidang energi, industri, kesehatan, dan infrastruktur kota seperti Siemens. Kali ini, dengan teknologi invasif minimalis pertama menggunakan sistem direct biomaker panel yang akan mengetahui tingkatan penyakit fibrosis hati.

Selama ini, penanganan pasien penyakit hati dilakukan dengan prosedur biopsi. Menurut Kepala Sektor Kesehatan PT Siemens Indonesia Dr. Stefanus Widananta, tes Enchanced Liver Fibrosis (ELF) dilakukan sekitar satu jam dengan menggunakan sampel darah, untuk menentukan tingkat penyakit.

"Proses ini lebih invasif dan dapat digunakan mengidentifikasi pasien dengan tingkat berat, sedang, ataupun tidak sama sekali. Lebih memudahkan dokter dalam penanganan pasien," kata Stefanus yang didampingi Presiden Direktur dan CEO Siemens, Josef Winter.

Ini hasil dari kerjasama sektor kesehatan perusahaan asal Jerman ini dengan University College London dalam melakukan uji coba terbaru, dan telah menjadi tes rutin pada Siemens ADVIA Centaur Immunoassay System.

Alat ini diperkenalkan kepada 200 orang dokter ahli (internis, ahli radiologi, dan ahli patologi klinis) serta para manajer laboratorium dari berbagai rumah sakit di Indonesia pada Siemens Healthcare Day 2013, I Love Healthcare, di Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, dibahas tentang kemajuan dan teknik terbaru dalam pencitraan resonansi magnetik penyakit hati secara klinis, dan pengembangan terbaru pada proses penilaian penyakit hati fibrosis non-invasif.

Pengembangan teknologi terbaru ini, menurut Stefanus, untuk memerangi penyakit yang paling mengancam saat ini, dengan beberapa cara. Di antaranya memperbaiki kinerja klinis dan kemampuan diagnostik untuk perawatan yang lebih baik dan lebih cepat.

EVIETA FADJAR

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/06/060494046/Pengembangan-Terbaru-Alat-Deteksi-Penyakit-Hati