Pages

Sabtu, 06 Juli 2013

Operasi Bayi Kebar Siam Libatkan 50 Dokter Ahli

TEMPO.CO , Jakarta:Bayi kembar siam Sandrina Fauzia Rahma(Rahma) dan Sandrina Fauzia Rahmi (Rahmi) akan dioperasi Tim dokter Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang dan RS. Soetomo Surabaya. Operasi ini akan melibatkan 50 ahli medis. "Ada sekitar 50 dokter kami juga siapkan dokter lainnya yang bisa saling menggantikan," kata Kepala Instalasi Departemen Kesehatan Anak RSMH Rismarini.

Ke-50 orang dokter tersebut merupakan tim ahli dalam bidang kardiovaskular, paru, bedah anak, bedah urologi, bedah plastik, bedah syaraf, bedah ortopedi, dan tim anestesi. Rahma- Rahmi tengah menjalani isolasi diruang perawatan media. Mereka hanya bisa ditemani oleh tim dokter dan orangtuanya.

Penjagaaan secara ketat dilakukan oleh pihak rumah sakit agar pasien dapat terhindar dari virus yang dapat menurunkan kualitas kesehatan mereka. "Pasien sengaja dijauhkan dari sumber-sumber penyakit,bakteri, dan virus yang dibawa oleh orang luar."

Ketua tim dokter RS Soetomo Surabaya, Dr Agus Harianto Sp.A(K) menjelaskan dirinya membawa belasan tenaga dokter berpengalaman dalam menghadapi pasien seperti Rahma dan Rahmi. RS Soetomo Surabaya telah menjalankan tindak medis terhadap 54 bayi kembar siam dengan beragam tingkat kesulitan. "Kami bawa tim yang sudah berpengalaman dalam menghadapi kasus serupa. Paling tidak kami Sudah 54 kali jalankan operasi kembar siam," kata Dr Agus.

PARLIZA HENDRAWAN

Topik terhangat:
Tarif Progresif KRL | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | PKS Didepak?

Berita Terpopuler
Cara Terbaik Mengisi Baterai Smartphone 
Pukat: Ungkap Hambalang, KPK Terganjal Kekuasaan
Thohir Ingin Remajakan Skuad Inter
Bentuk Gigi Tunjukkan Kepribadian

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/06/060493962/Operasi-Bayi-Kebar-Siam-Libatkan-50-Dokter-Ahli