Pages

Selasa, 02 Juli 2013

Kecanduan Ganja Bisa Kikis Motivasi

TEMPO.CO, Jakarta - Orang yang menghisap ganja secara teratur selama jangka waktu yang lama, cenderung menghasilkan lebih sedikit zat kimia dalam otak yang terkait dengan motivasi.

Para peneliti di Inggris memindai otak dari 19 pengguna ganja reguler dan 19 non pengguna dari jenis kelamin dan usia yang sama. Mereka menggunakan positron emission tomography (PET) yang membantu mengukur distribusi bahan kimia di seluruh otak.

Para peneliti menemukan bahwa pengguna ganja jangka panjang cenderung menghasilkan zat dopamin lebih sedikit. Zat kimia ini berada dalam otak dan berperan penting dalam motivasi.

Responden penelitian yang merokok ganja secara teratur sejak usia muda ternyata memiliki tingkat dopamin yang rendah di area otak striatum. Ini sebabnya mengapa pengguna ganja tampak memiliki sedikit motivasi. "Namun, apakah sindrom tersebut ada yang kontroversial," kata pemimpin penulis studi Michael Bloomfield, peneliti di Institute of Clinical Sciences di Imperial College London.

Orang-orang dalam penelitian ini menggunakan ganja cukup berat. Mereka mulai menggunakannya antara usia 12 hingga 18 tahun. Dan semuanya mengalami gejala psikosis sementara saat di bawah pengaruh ganja. Beberapa gejala tersebut termasuk mengalami sensasi aneh atau pikiran aneh seperti berpikir bahwa mereka sedang terancam oleh kekuatan yang tidak diketahui.

Hasil penelitian ini memerlukan pemahaman terhadap hubungan potensial antara pengguna ganja kronis dan penyakit mental.

Penelitian sebelumnya tentang efek ganja pada otak telah menunjukkan bahwa penggunaan ganja kronis dapat memicu peradangan otak. Ini mempengaruhi koordinasi dan aktivitas pembelajaran bahkan si pengguna akan memiliki resiko tinggi terhadap skizofrenia. Hasil rinci penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Biological Psychiatry.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Topik Terhangat

Tarif Progresif KRL |Bursa Capres 2014 |Ribut Kabut Asap| PKS Didepak?

Berita terpopuler:
Cara Kepolisian Tutupi Kasus Upaya Suap Anggotanya
Petinggi Polisi Minta Kasus Suap Tidak Bocor
Luthfi Hasan Tuding KPK Ingin Hancurkan PKS
Bupati Rote Bantah Roy Suryo Marah-marah di Hotel
Stasiun UI Masih Gunakan Tiket Kertas
Polisi: Laporan Wartawati Korban Perkosaan Janggal

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/02/060492864/Kecanduan-Ganja-Bisa-Kikis-Motivasi