Pages

Jumat, 05 Juli 2013

Faktor-Faktor Pemicu Kehadiran Jerawat

BEBERAPA remaja biasanya lebih memilih untuk menutupi wajah atau bahkan menunda aktivitas karena jerawat yang timbul mempengaruhi penampilan mereka. Lalu, bagaimana agar bisa memiliki kulit yang bebas dari jerawat? Berikut tipnya.

Menurut, dr. Gloria Novelita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, bersihkan wajah setiap kita bangun tidur, lalu setelah selesai beraktivitas,dan sebelum beranjak tidur. Membersihkan wajahnya pun menggunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan iritan.

"Lalu, hindari kondisi yang dapat memicu terjadinya jerawat. contohnya seperti trauma pada kulit, stres, pemakaian bahan kosmetika tertentu secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Kemudian, hindari juga kondisi kurang tidur, udara yang lembab, dan panas, serta tidak merokok," ujar dr. Gloria dalam dalam peluncuran produk "Nexcare Acne Cover", di ANZ Tower, Jakarta, baru-baru ini.

dr. Gloria menyarankan bila sudah timbul jerawat sebaiknya menghindari memanipulasinya, yaitu memencet jerawat, penggunaan obat anti jerawat berbahan kimia atau menutupinya dengan riasan wajah yang tebal. "Hal ini mencegah agar jerawat tidak semakin meradang," tambahnya.

Selanjutnya ia juga menyarankan untuk menggunakan produk solusi atasi jerawat sesuai cara pakai. Selain itu, bersabar untuk tidak memanipulasi jerawat dengan memberikan produk tersebut waktu untuk bekerja mengatasi jerawat.

"Bila jerawat tidak juga membaik setelah menghindari faktor pencetus, dan telah melakukan pengobatan selama 1-2 bulan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit," imbuhnya. (ind)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/05/486/832757/faktor-faktor-pemicu-kehadiran-jerawat