Pages

Minggu, 30 Juni 2013

Konsumsi Ikan Kurangi Resiko Kanker Payudara

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Helmi Ade Saputra - Okezone
Minggu, 30 Juni 2013 16:43 wib

detail berita

Ikan berminyak (Foto: Capitalfm)

KANKER payudara telah dijuluki sebagai "Silent Killer" pada perempuan. Hal ini karena penyakit tersebut sering sekali terlambat didiagnosis. Namun, sebuah penelitian mungkin dapat memberikan harapan kepada perempuan dalam hal mengurangi risiko kanker payudara.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan British Medical Journal (BMJ), mengonsumsi ikan tuna, salmon, sarden atau ikan berminyak lainnya sekali atau dua kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker payudara, demikian dikutip Thenews.

Para peneliti dalam penelitian tersebut mengatakan ikan kaya akan minyak n-3 asam lemak tak jenuh ganda atau n-3 PUFA yang terlibat dalam sistem aktivitas kekebalan pembuluh darah ke otak.

Lebih lanjut, hasil analisis para peneliti menunjukkan bahwa wanita dengan asupan tinggi n-3 PUFA mengalami penurunan 14 persen dalam resiko kanker payudara. Tetapi efek perlindungan ini hanya berasal dari asam lemak ikan.

Secara statistik, setiap kenaikan 0,1 gram asam lemak ikan per hari dihubungkan dengan penurunan lima persen resiko kanker payudara. Sebagai panduan untuk sehari-hari, bisa 1 atau 2 porsi ikan berminyak per orang dan per minggu.

Sekedar untuk diketahui, kelompok n-3 PUFA ini memiliki empat jenis dengan inisial, EPA, DPA, dan DHA yang ditemukan terutama pada ikan berminyak. Sedangkan, ALA ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran berdaun. Tetapi, efek perlindungan untuk kanker payudara hanya berasal dari asam lemak ikan, bukan dari asam ALA. (tty)

  • Cegah Osteoporosis, Rajin Minum Susu
  • Jangan Batasi Konsumsi Daging Merah
  • Tiga Makanan Sahabat Jantung
  • Bayam & Brokoli Bantu Tingkatkan Hemoglobin
  • Makanan-Makanan Peningkat Hemoglobin

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/30/486/829714/konsumsi-ikan-kurangi-resiko-kanker-payudara